Monday, May 28, 2012

Bus Layang Akan Diperkenalkan di Indonesia Sebagai Pengganti Busway



Keinginan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperbaiki sistem transportasi dengan menggunakan sarana transportasi massal ditangkap konsorsium sarana transportasi untuk mengenalkan bus layang. Bus layang ini telah dipakai di beberapa kota di China. Tahun depan, bus layang juga akan beroperasi di Brasil, Amerika Serikat, Inggris, Italia, dan beberapa kota di Spanyol.
Menurut Jopie Widjaja, Presiden PT Infiniti Wahana, yang menjadi salah satu anggota konsorsium, bus layang memiliki sejumlah kelebihan dibanding moda angkutan massal lainnya.
“Investasi untuk bus ini jauh lebih murah, tidak mengambil jalur jalan, dan pembangunannya cepat,” kata Jopie yang menggandeng PT Zebra Nusantara dan Shenzen Hashi Future Parking Equipment Co.
Konsep bus layang berbeda dengan konsep yang akan digarap DKI Jakarta, yaitu mengganti monorel dengan busway. Bentuk bus layang mirip kereta dengan empat gerbong. Bentuknya juga mirip bus tingkat, tetapi jauh lebih besar dan lebar karena mobil-mobil lain bisa melaju di bawah bus layang.
Ini bisa terjadi karena bus tersebut memiliki dua kaki di kiri-kanannya yang berjalan di atas rel. Rel ini bisa diletakkan di tepi median jalan dan separator sehingga ada ruang bagi kendaraan lain untuk melintas di kolong bus layang. Menurut Jopie, investasi yang dibutuhkan bus layang hanya 15 juta dollar AS setiap kilometernya.
Sementara itu, subway membutuhkan 100 juta dollar AS per km, dan monorel 50 juta dollar AS per km. Selain itu, masa konstruksi bus layang hanya satu tahun, sementara subway enam tahun, dan monorel tiga tahun. “Biaya operasinya juga lebih murah dan sangat ekonomis. Lagi pula, ada sistem evakuasi penumpang,” kata Jopie. Kapasitas bus layang sangat besar.
Satu gerbong bus setara dengan 10 kopaja atau sekitar 300 penumpang. Sementara itu, satu bus layang terdiri dari empat gerbong sehingga bisa menampung 1.200 penumpang. Dalam tahap awal yang ditawarkan di Jakarta, proyek jalan layang itu akan menggunakan jalur Kota-Blok M dengan mendirikan 21 halte dan 42 bus layang. Investasi bus layang dibiayai swasta murni (tanpa menggunakan APBD, termasuk saat operasional).
Tarif tiket Rp 5.000 sekali jalan dan menggunakan sistem build operation transfer (BOT) selama 30 tahun. Dengan penawaran konsep itu, kata Jopie, pihaknya akan memberikan manfaat bagi masyarakat di Jakarta. “Masyarakat akan mendapatkan angkutan aman, nyaman, cepat tanpa terkendala jalur busway dan sejenisnya,” kata Jopie yang juga menawarkan hal ini ke Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya.
Asisten Perekonomian Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Hasan Basri Saleh, mengatakan akan mempelajari konsep ini. “Kami akan sampaikan ke Gubernur secepatnya,” kata Hasan. Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Sayogo Hendrosubroto menyatakan, pihaknya menilai konsep yang ditawarkan itu inovatif dan modern.
“Artinya, kita memang butuh sarana transportasi massal yang hemat energi, diterapkan dengan tarif terjangkau, dan diterima masyarakat. Jadi, ini memang sangat baik,” katanya.

Saturday, May 26, 2012

Alamat website P.O. di INDONESIA

alamat website perusahaan otobus di indonesia


PO. DAMRI

PO. Darma Duta Wisata


PO. Puspa Wisata

PO. Hiba Utama

PO. Harapan Jaya

PO. Lorena-Karina

PO. Bhineka-Sangkuriang

PO. Malino Putra

PO. Pahala Kencana

PO. Kramat Jati
http://www. kramatdjati.com/

PO. Bandung Ekspres

PO. Maju Lancar

PO. Rosalia Indah

PO. Sumber Alam

PO. Dewi Sri

PO. Nusantara

PO. Muji Jaya

PO. Bejeu

PO. Yudha Ekspres

PO. Gunung Harta

PO. Wisata Komodo

PO. New Ismo

PO. Shnatika

PO. Safari Dharma Raya

pariwisata
PO. Epa Star

PO. Citra Aneka

PO. Karya Jasa

PO. Sargede

PO. Muria Transport

PO. Padi Mas

PO. Gege Trans

PO. Pansa Transport

PO. Prambanan Transport
PO. 99 Trans Jaya

PO. Bimo

PO. Ardian Trans

Omah Mlaku

PO. Blue Star

PO. Bg Trans

PO. White Horse

PO. Laks

PO. Royal Platinum

PO. Arion Trans

PO. Triama Trans

PO. Bahana Trans

PO. Dvs Transport

PO. Armada Jaya Perkasa

Karunia Pariwisata

PO. Fajar Transport

Po. Jaya Prima

PO. Cahya Gemilang

PO. ICH Trans Jaya

PO. Jackal Holidays

PO. Desiana

PO. Spa Trans

PO. Ardana Tours

PO. Scorpion Holiday

PO. Limas Pariwisata

PO. Sari Lorena

PO. Semeru

PO. Kerub

PO. Metropolitan

PO. Zena

PO. Purnayas

PO. Surya Bali

PO. Mail Bus

PO. Tri Difa Trans

Po. Reza Trans

PO. Pangeran

PO.  Cipaganti

PO. Blue Bird

Tuesday, May 15, 2012

sejarah rosalia indah


Tentang Kami
SELAYANG PANDANG ROSALIA INDAH
Berbekal pengalaman di bidang transportasi serta jiwa kepemimpinan yang teruji dan penuh motivasi untuk sukses, pasangan suami istri, Yustinus Soeroso dengan Yustina Rahyuni Soeroso merintis dari nol perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH.
Pada Mei 1987 BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Jasa layanan angkutan darat bis AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi) ini hanya beroperasi beberapa waktu saja karena iklim kompetisi usaha di bidang jasa angkutan di Jawa Tengah saat itu memang sedang sangat ketat.
Perusahaan yang baru didirikan ini mengalami akselerasi perkembangan yang dinamis sehingga pada tanggal 21 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991 dengan alamat kantor di Jalan Raya Solo - Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah.
BIRO PERJALANAN UMUM ROSALIA INDAH adalah sebuah perusahaan yang sedang berkembang pesat dan merupakan perusahaan pribumi yang diperhitungkan dalam percaturan bisnis jasa angkutan darat di Indonesia. Perusahaan yang selalu mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini pada tahun 1983 mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang. Perkembangan selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel.
Ketatnya kondisi persaingan bisnis transportasi darat di era 1990-an bukan menjadi kendala bagi BPU. ROSALIA INDAH bahkan pada masa itu dijadikan titik tolak dari yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas, lebih handal dan lebih mantap hingga saat ini, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa - Sumatera. Bahkan BPU. ROSALIA INDAH juga telah siap melayani pangsa pasar pariwisata dengan armada travel L-300 ataupun carter bis pariwisata.
UNIT USAHA ROSALIA INDAH GROUP
PO. Rosalia Indah berkembang menjadi perusahaan multi usaha yang keseluruhan unit usaha tersebut tergabung dalam ROSALIA INDAH GROUP . Group ini antara lain mencakup BPU. Rosalia Indah, PT. Rosalia Indah Tour & Travel, PT. Rosalia Express, Ros-In Hotel, SPBU 44.577.08 Sroyo, Central Laundry, RM. Rosalia Indah Indramayu,Ngawi & Bitung, Restoran Sederhana Caruban & Solo.
Perhatian khusus kepada calon pelanggan sampai dengan orientasi layanan kepada pelanggan, essensinya adalah memahami, peduli dan menghargai kebutuhan pelanggan dengan tujuan memenuhi kebutuhan pelanggan seutuhnya, karena komitmen memberikan pelayanan yang menerapkan panca pesona : Keamanan, kebersihan, Kenyamanan, Ketepatan, kekeluargaan menjadi dasar filosofi perusahaan. Selain itu perusahaan memiliki program yang berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan mendasarkan standar operasional layanan prima yang tertuang dalam program panca perfoma yaitu : Senyum, Sapa, Sopan,Sabar, Sepenuh Hati.
Untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di tiap unit usaha, karyawan berusaha untuk mencapai sinergi, transparansi dan efektivitas, baik dengan pihak internal maupun eksternal, untuk dapat menyampaikan pemecahan masalah yang terbaik maka pelatihan karyawan selalu diberikan secara berkala terutama mengenai service exellence, hal inilah yang menjadikan Rosalia Indah Group menjadi "Kepercayaan dan Kebanggaan Masyarakat ", memberikan kepuasan layanan kepada pihak internal, menjadi dasar kepuasan pelanggan eksternal Rosalia Indah.
Berkembangnya Rosalia Indah Group merupakan sebuah prestasi, Keunggulan yang didapat dari sebuah komitmen untuk bekerja dengan semangat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Masyarakat menggunakan produk serta jasa, merupakan prestasi bagi kami. Maju dan besarnya Rosalia Indah Group merupakan hasil dari pemanfaatan kemampuan dan kemauan untuk memberikan karya bagi Masyarakat, Bangsa dan Negara.
Adapun unit - unit usaha dimaksud adalah sebagai berikut :

BPU. ROSALIA INDAH


Merupakan induk usaha awal, Rosalia Indah yang berbasis transportasi darat dengan berbagai macam kelas armada dan jalur/trayek dari Jawa sampai Sumatera. Agen/perwakilan terdapat dikota-kota yang terbentang dari Surabaya sampai Muaraenim.
Tiap tiket perjalanan yang anda gunakan berpeluang untuk mendapatkan undian hadiah yang diundi satu bulan sekali dan tiap 3 bulan sekali diundi untuk mendapatkan Grand Prize berupa sepeda motor.
kemudahan dan keuntungan pelayanan bisa anda dapatkan dengan bergabung menjadi anggota "RI Plus " (kartu pelanggan dilengkapi dengan poin-poin untuk mendapatkan souvenir/hadiah menarik)
" Nikmati keramahan dan kenyamanan
perjalanan anda bersama
BPU. Rosalia Indah "

Contact Person
Bp. Sudarto A. : 0888 674 0614
Kantor Pusat :
Jl. Raya Solo-Sragen Km 7,5
Telp. (0271) 825173
Fax.(0271) 827205
Palur, Karanganyar

PT. ROSALIA INDAH TOUR & TRAVEL

Perjalanan wisata akan menjadi penuh kesan dan menambah pengetahuan karena perjalanan wisata anda akan didampingi oleh Tour leader kami yang penuh wawasan, ramah dan cekatan didukung dengan armada berstandar pariwisata.
Beberapa paket wisata kami sesuai dengan varian daerah wisata dan armada (Travel L-300, bus executive, atau bus patas seat 2-2/2-3) antara lain :
- Paket wisata Bali-Lombok (6 hari/3 malam)
- Paket wisata Bali(5 hari/2 malam)
- Paket wisata Solo-Bromo-Malang(Jatim Park, Selecta)(3 hari /2 malam)
- Paket wisata Solo-Yogyakarta (3 hari/2 malam)
Kami juga melayani paket wisata pangandaran, Batu Raden, Gua Jati Jajar, Candi Dieng, Ketep Pass, Kyai Langgeng, Karimun Jawa, dan objek wisata lain sesuai permintaan.
Biro Perjalanan Wisata PT. Rosalia Indah Tour & Travel bergerak di bidang layanan tiket bis dan travel, tiket pesawat, tiket kapal laut, tiket kereta api, voucher hotel, paket wisata nusantara dan mancanegara, carter wisata, serta pembuatan paspor dan visa.

" Wisata anda akan lebih berkesan bersama kami "



Contact Person
Ibu Endang S.R : 0888 297 7384
Kantor :

Biro Perjalanan Wisata PT. Rosalia Indah Tour & Travel
Jl. Slamet Riyadi No. 164 Solo
Telepon (0271) 652954, 655523, 669511, 668811 / Fax. (0271) 652954.

HOTEL ROS-IN Restaurant & Convention Hall

Yogyakarta sebagai kota tujuan wisata dan pendidikan menyimpan sejuta pesona untuk dikunjungi dan disinggahi.ROS-IN Hotel Restaurant & Convention Hall hadir ditempat yang strategis dekat dengan beberapa tempat wisata, sarana umum, dan mudah dijangkau.
ROS-IN Hotel memiliki kelengkapan dan fasilitas hotel berbintang antara lain :
- Standart Room
- Suite Room
ROS-IN Hotel Restaurant dengan varian menu :
- Masakan khas Jawa
- Masakan Western
- Masakan Oriental
ROS-IN Hotel Convention Hall memiliki ruang antara lain :
- Parang Kencono
- Parang Kusumo
- Parang Tritis 1
- Parang Tritis 2
- Taman Sari
Kapasitas bervariasi, antara 30 sampai dengan 300 orang
" Exlusivitas adalah tradisi pelayanan kami "



Contact person
Bp. Sutikno : 0888 270 0321
ROS-IN Hotel

Jl. Lingkar Selatan No. 110
Telepon (0274) 384543 / Fax. (0274) 411818
Bantul, Yogyakarta.

PT. ROSALIA EXPRESS

Merespon animo para pelanggan setia Rosalia Indah yang sangat memerlukan fasilitas pengantar barang (ekspedisi), maka Rosalia Indah tampil dengan Paket Kilat PT. ROSALIA EXPRESS.
Semakin berkembang dan majunya perusahaan sehingga jumlah agen dan jalur juga bertambah membuat Coverage Area ekspedisi/pengiriman semakin luas dari Jawa sampai Sumatera sesuai jalur lintasan PO. Rosalia indah.

Dengan sarana & prasarana ekspedisi yang lengkap serta personil yang sigap, mampu memberikan pelayanan ekspedisi yang meliputi:
1. Courier Service
2. Trucking
3. Same Day Service
4. One Day Service (1 hari)
5. Regular Service (2-3 hari)
6. Door to Door Service
7. Packing & Repacking
8. Paket Sepeda Motor, Elektronik, dan Pindahan
" Mitra yang cepat , tepat, aman dan memuaskan "

Contact Person
Bp. Nanang Tri K : 08885682070
Kantor :
PT. ROSALIA EXPRESS
Jl. Raya Solo - Sragen KM. 7,5
Telepon (0271) 826442
Palur, Karanganyar, Jawa Tengah

SPBU 44. 577.08 SROYO
Kehadiran kami memberikan pasokan kebutuhan BBM untuk operasional armada Rosalia Indah, masyarakat umum dan perusahaan. SPBU 44. 577 .08 Sroyo memberikan keakuratan data, volume, kualitas BBM murni, dan pelayanan yang ramah, simpatik serta "Takaran Pasti tepat..."
Fasilitas yang tersedia di SPBU Rosalia Indah 44.577.08 Sroyo adalah:
- Operasional 24 jam
- Sistem pembayaran menggunakan kupon cetak sesuai pemakaian
- Musholla
- Toilet umum
- Mini market

Contact Person
Bp. Sukamto : 0852 931 38745
Kantor :

Jl. Lingkar Utara (Solo - Sragen)
Telepon (0271) 825344, 825424.
Sroyo, Jaten, Karanganyar

CENTRAL LAUNDRY

Kerapian,keharuman dan ketepatan hasil pencucian membuat Central Laundry dipercaya oleh banyak perusahaan di wilayah Solo Raya untuk menjadi mitra bisnis. Termasuk diantaranya perusahaan garment dan masyarakat umum dapat menggunakan layanan profesional Central Laundry
Central Laundry memproses pencucian berbagai jenis pakaian maupun berbagai bahan/kain termasuk pakaian berbahan kulit seperti jaket, tas kulit maupun celana kulit dll.
Selain membantu unit usaha lainnya, keberadaan CENTRAL LAUNDRY ini juga melayani masyarakat umum. Adapun jenis layanan yang ditawarkan adalah One Day Service, Delivery Door to Door, Cuci di tempat (untuk karpet dan sofa). Dengan demikian masyarakat bisa ikut pula memanfaatkan layanan profesional Rosalia Indah.

Contact Person :
Bp. Joko : 0888 299 8655
Kantor :

Jl. Raya Solo Baru B-5 Solo Baru,
Telepon/Fax. (0271) 622917
Solo Baru, Sukoharjo

RUMAH MAKAN ROSALIA INDAH INDRAMAYU, NGAWI & BITUNG

Selain sebagai tempat transit PO. Rosalia Indah, masyarakat umum dapat mengunakan sebagai tempat persinggahan /istirahat selama perjalanan.
Selama melepas lelah kami menyajikan menu-menu masakan yang khas dan juru masak kami yang handal dan berpengalaman, membuat masakan yang tersaji menjadikan masakan dengan kualitas cita rasa yang luar biasa.
Menu masakan yang tersedia di RM. Rosalia indah :
- Masakan khas Jawa
- Masakan Khas Padang
- Masakan Khas Oriental

Contact Person
Bp. Arif : 0888 905 3803
RM. Rosalia Indah Indramayu
Jl. Raya Sukra Km 2 Indramayu
Telp : (0234) 611112, 611413/ fax. (0234) 611112

RM. Rosalia Indah Ngawi
Jl. PB Sudirman no.4 Ngawi
Telp. (0351) 742 228

RM. Rosalia Indah Bitung
Telp. (021) 596 1634
Fax. (021) 596 635
Jl. Raya Serang km 12,5
Bitung Jaya

RESTORAN SEDERHANA CARUBAN & SOLO

Konsep restoran Sederhana adalah menyajikan menu utama masakan Padang yang terkenal dengan berbagtai macam jenis masakan dengan cita rasa berkelas ditambah koki yang kami miliki adalah pilihan serta berpengalaman variasi dan penyajian.
Dengan menerapkan Panca Pesona Pelayanan (keamanan, Kebersihan, Kenyamanan, Ketepatan, Kekeluargaan) menjadikan sajian makan anda sebuah kenikmatan yang istimewa

Fasilitas dan layanan yang ditawarkan adalah:
- Ruang Pertemuan
- VIP Room Full AC & TV
- Pesanan untuk acara kantor, pesta & nasi bungkus/box
- Paket Arisan
- Paket Seminar
- Paket Temu Pelanggan
- Paket ULTAH dan Paket Aqiqoh
- Catering
- Transit Pariwisata, dan lain-lain

Contact Person
Bp. Deni Iriana : 0813 2879 4952
Restoran SEDERHANA Cabang Solo
Jl. Slamet Riyadi No. 469
Telp. (0271) 740502, 718521
Fax. (0271) 739859
Kleco - Solo
Contact Person
Bp. Bambang : 0812 951 0358
Restoran SEDERHANA Cabang Caruban
Jl. Panglima Sudirman No. 10
Telp. (0351) 387977 - Fax. (0351) 387976
Caruban - Madiun

PT. GUWATIRTA SEJAHTERA
Dari mata air pegunungan Lawu inilah sumber air pilihan UTRA. Sumber air terbaik anugerah alam yang murni. Mata air pegunungan ini telah melewati berbagai lapisan pasir dan batuan didalam bumi, sehingga dengan sendirinya air tersaring secara alami dengan membawa berbagai mineral bersamanya. inilah keistimewaan mata air pegunungan yang selain murni , jernih, dan segar juga mengandung, komposisi mineral penting yang seimbang yang diperlukan tubuh. UTRA hanya berasal dari mata air pilihan.
UTRA.....

" Untuk Hidup Lebih Sempurna "

Contact Person
Bp.Junaedi: 0888 654 6229
Kantor :
Jl. Raya Solo-Sragen KM.7,5
Telp.(0271) 827723,5890428
Fax.(0271) 825443
Palur,Jaten, Karanganyar

Kunjungi Website Kami : www.utra.co.id

PENUTUP
Dengan tersedianya fasilitas yang telah dilengkapi oleh perusahaan merupakan upaya apresiasi terciptanya hubungan profesionalisme antara pihak perusahaan dengan segenap karyawannya.
Pemberdayaan teknis dan non-teknis yang selalu dikembangkan oleh perusahaan dari waktu ke waktu merupakan langkah investasi jangka panjang yang berkesinambungan dalam meraih potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan produktif.
Jalinan kerja yang terkonsep simbiosis mutualisme sangat kondusif dalam menghadapi era globalisasi yang kompetitif ke depan. Sehingga pada akhirnya mampu menekan faktor human error dan miss technology pada sistem operasional yang sedang dijalankan.
Akhir kata, teriring doa dan semangat bekerja seluruh pimpinan, staff, dan karyawan Rosalia Indah Group menyampaikan terima kasih atas kepercayaan pelanggan yang telah diberikan kepada kami.
* Semua unit usaha kami selalu buka sepanjang tahun

" BILA ANDA TIDAK PUAS SAMPAIKANLAH KEPADA KAMI,
TETAPI BILA ANDA PUAS
SAMPAIKANLAH KEPADA TEMAN-TEMAN ANDA "

Monday, May 14, 2012

Bus EFISIENSI: Sejarah EFISIENSI (Part I)


hehehe…
iseng-iseng aja pengen nulis tentang EFISIENSI,, hoho.
PO EFISIENSI
Bus AKAP Patas Purwokerto – Jogja
Bus AKAP Patas Cilacap – Jogja
Bus Pariwisata dan Jasa Layanan Pariwisata

Sejarah singkat lahirnya PO EFISIENSI (diambil dari Facebook Efisiensi Lovers)

Meneruskan usaha keluarga warisan sang kakek, yakni usaha kursus setir mobil dan montir. Sang kakek, (Alm) Teuku Muhammad adalah guru sekolah teknik Belanda yang juga membuka kursus mengemudi dan montir yang diberi nama “Efficiëntie” yang cukup kondang di Kebumen saat itu.

Akhirnya pak Eri Memulai usaha bus dengan merintis usaha bus tahun 1996 dengan menggunakan bis micro (bis ¾) dan hanya menggarap segmen pariwisata, Efisiensi mencoba memanfaatkan peluang bus pariwisata yang saat itu cukup ramai. Seiring perjalanan waktu, bis-bis pioneer yang berukuran ¾ mulai dijual karena animo masyarakat terhadap bis ¾ kurang bagus. Akhirnya diputuskan bahwa Efisiensi akan fokus di bigbus saja.


Itulah sepenggal cerita yang disampaikan oleh Pak Eri, mengawali cerita seru tentang kiprah PO Efisiensi saat Bismania Community melalui BMC Jogja berusaha memenuhi undangan dari pak Eri untuk berkunjung ke PO Efisiensi di Rest Area Wonosari – Kebumen. Dengan sapaan hangat dan guyonan segar khas beliau, beliau memenuhi segala pertayaan rekan BMC dan tidak segan membagi ilmu kepada seluruh rekan yang hadir saat itu.


Tahun 1998, Effisiensi pernah mencoba membuka trayek Sumatra yakni jurusan Jogja – Liwa (Bekerjasama dengan HS) dan ke Bengkulu (bekerjasama dengan Bengkulu Indah). Tetapi trayek Sumatra ini tidak bertahan lama karena pertimbangan faktor ekonomi Indonesia yang memburuk pada kisaran tahun itu akibat krisis moneter dan juga sempat pernah menang tender Caltex dalam sewa bis antar jemput Karyawan. Akhirnya bisnis di Sumatera ditutup karena tidak menguntungkan secara ekonomis.


Setelah tahun 2002 Efisiensi mulai memasuki trayek regular dengan membuka patas Jogja – Cilacap. Kemudian Tahun 2008 Juni, dibuka trayek Patas Jogja – Purwokerto.


Karena saat ini membidik pasar menengah ke atas ini, Efisiensi berusaha memanjakan penumpang sedemikian rupa. Selain membangun rest area yang sangat bersih dan nyaman, saat ini Efisiensi telah memberikan akses kemudahan bagi para penumpangnya dengan memberikan layanan hantar gratis di area tertentu di Yogyakarta, Purwokerto, dan segera menyusul di Cilacap.

SEJARAH LORENA-KARINA



PRAKATA Berita Terkini
Lorena Group adalah kelompok usaha yang awalnya bergerak dibidang usaha Transportasi. Namun seiring dengan waktu, Lorena Group telah melakukan ekspansi dan saat ini memiliki PT. Lorena Karina ( Holding Company ) dengan beberapa anak perusahaan yaitu :
PT. Eka Sari Lorena Transport
PT. Ryanta Mitra karina



PT. Eka Sari Lorena ­ ESL Express

PT. Eka Sari Lorena Logistics
PT. Sari Lorena Charter & Rental

PT. Eka Sari Lorena Airlines
KSJ Palm Oil Plantation
Trans Jakarta Busway
PT. EKA SARI LORENA TRANSPORT dan PT. RYANTA MITRA KARINA yang lebih dikenal dengan sebutan LORENA-KARINA ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa Angkutan Darat Antar Kota Antar Propinsi ( AKAP ) dengan fasilitas & pelayanan prima. LORENA-KARINA senantiasa berusaha melayani pelanggan secara khusus dan pribadi, serta konsisten dalam menjaga inti dan integritas pelayanannya agar selalu menjadi pelopor di bidang bisnis jasa transportasi.
Untuk memenuhi keinginan pelanggan, maka LORENA-KARINA menerapkan kebijakan mutu yaitu selalu "Mengutamakan kepuasan pelanggan dengan cara menjamin bahwa jasa transportasi darat yang dihasilkan dapat memenuhi mutu yang dipersyaratkan dan dengan harga yang kompetitif serta mengupayakan peningkatan pelayanan kepada pelanggan secara berkesinambungan" .
Pengembangan jaringan dan pelayanan dalam memenuhi kebutuhan transportasi darat, dilakukan secara konsisten dan didukung penuh oleh manajemen yang handal. Untuk memberikan layanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, kami telah mengembangkan jaringan lebih dari 60 kota di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Madura.
Hasil kerja keras dan komitmen LORENA-KARINA untuk selalu meningkatkan kepuasan para pelanggan telah menghasilkan penghargaan dan sertifikat pengakuan dari berbagai lembaga, baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan motto 3S yaitu : SABAR, SOPAN dan SENYUM, LORENA-KARINA mencoba membangun dan menjaga citra pelayanan sebaik mungkin dan berupaya untuk meyakinkan masyarakat bahwasanya LORENA-KARINA adalah perusahaan jasa transpotasi darat yang dapat diandalkan dan selalu selangkah lebih maju. Hal ini terbukti dengan diraihnya sertifikat ISO 9001:2000 di tahun 2003, yang menjadikan LORENA-KARINA merupakan perusahaan tranportasi darat pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat ISO 9001 :2000.
Di dalam mewujudkan komitmen LORENA-KARINA, maka secara berkala dan berkesinambungan diadakan penilaian pelayanan dan kinerja demi meningkatkan kualitas mutu pelayanan. Berupaya untuk memberikan yang terbaik adalah merupakan cita-cita utama LORENA-KARINA.

SEJARAH PERJALANAN USAHA P.O. SAFARI DHARMA RAYA

PT. Safari Dharma Sakti (dengan nama dagang PO. SAFARI DHARMA RAYA) mulai berdiri tahun 1969 dikota Temanggung, Jawa Tengah dengan nama PO. OBL yang mana merupakan singkatan initial nama dari pemiliknya Oei Bie Lay (Darmoyuwono). 1960
Rute awal yang dijalani adalah rute jarak pendek yaitu jurusan Magelang - Ngadirejo PP. Dalam perkembangan usaha jasa angkutan ini mulai merambah ke armada bis malam pada tahun 1971 dengan rute Temanggung - Surabaya - Malang PP (baik melalui Yogyakarta maupun Semarang). 1960
Dan kemudian semakin berkembang dengan menambah rute jurusan Yogyakarta - Jakarta PP pada tahun 1974. 1960
Kemudian pada tahun 1989 membuka 2 jurusan baru sekaligus yaitu Jakarta - Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta - Denpasar PP. 1960
Agar lebih berkonsentrasi pada armada bis malam dengan spesialisasi kelas eksekutif dan super eksekutif maka rute bis siang mulai tahun 1984 tidak dijalani lagi. 1960
Sepeninggal Bp. Darmoyuwono (tahun 1989), PO. SAFARI DHARMA RAYA dijalankan oleh dua orang putranya yaitu Hendro Darmoyuwono yang berkantor di Jakarta dan Santoso yang berkantor di Temanggung dengan di bawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono.
Mulai tahun 1997 ada penambahan rute baru yaitu jurusan Jakarta - Mataram PP dan Temanggung - Yogyakarta - Mataram PP dan pada tahun 2001 mulai menambah rute baru dengan melayani jurusan Solo – Semarang – Jakarta PP. di tahun ini juga mulai memasuki Pulau Sumbawa dengan membuka rute Jakarta - Bima PP. Sedangkan untuk jurusan Temanggung - Yogyakarta - Bima ijin trayek sudah diperoleh dan saat ini armada sedang dalam proses karoseri, diharapkan sebelum akhir tahun 2003 rute tersebut sudah dapat dilayani. 1960
Atas tawaran dari salah seorang relasi, pada tahun 1999, PT. SAFARI DHARMA SAKTI kerjasama untuk pengadaan beberapa unit bis angkutan bandara guna dioperasikan di bandara Juanda Surabaya dengan masa kontrak selama 3 tahun, yang mana kontrak tersebut telah berakhir pada tahun 2002. 1960
Sejalan dengan banyaknya permintaan dari para pelanggan dan biro perjalanan agar PO. SAFARI DHARMA RAYA tidak hanya menyediakan bis eksekutif dan super eksekutif saja, maka sejak akhir tahun 2000 mulai menyediakan bis-bis pariwisata dengan beberapa pilihan kapasitas tempat duduk sesuai dengan kebutuhan/permintaan para pengguna jasa layanan kami. 1960
Pada tahun 2002 PT. SAFARI DHARMA SAKTI mengikuti proses tender pengadaan & pelayanan bis angkutan bandara yang diadakan oleh PT. GAPURA ANGKASA untuk pelayanan di dalam bandara Ngurah Rai Denpasar & berhasil mendapatkan kepercayaan dari PT. GAPURA ANGKASA untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan masa kontrak awal selama 5 tahun. 1960
Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun menggeluti bisnis transportasi penumpang dengan spesialisasi pada bis-bis eksekutif & super eksekutif yang kemudian diperluas dengan bis pariwisata
dan bus angkutan bandara, ke depan di samping tetap konsisten mengembangkan sektor tersebut, PO. SAFARI DHARMA RAYA akan melakukan penetrasi pasar dengan menggarap kebutuhan akan
armada bis dengan spesifikasi ataupun kebutuhan khusus, misalnya bis untuk angkutan karyawan perkebunan ataupun pertambangan yang menuntut tingkat keselamatan yang tinggi.
1960

Dibawah ini adalah perjalanan usaha dari PO. SAFARI DHARMA RAYA :
tahun01
tahun2
tahun03
tahun04
tahun05

Sejarah Po Eka


eka
eka
Materi tentang ini pernah saya singgung dalam postingan beberapa waktu lalu, tetapi tidak terlalu lengkap.
Karena sekarang makin banyak member baru (muda-muda), tidak ada salahnya saya akan share lagi sebagai catatan sejarah.
PO Eka / Mira sejarahnya berawal dari PO Flores yg mulai beroperasi di sekitar tahun 70 an (tahun pastinya saya agak lupa)
PO ini seangkatan dengan PO Surya Jaya, Rukun Makmur, Agung Express dll.
Pada saat awal operasi PO Flores, chassis bis di Jatim didominasi oleh MB LP 911 dan Mitsubishi T653 (kedua-duanya ber-overhang depan pendek karena berbasis chassis truk). Flores lebih memilih Mits ketimbang MB.
Era MB 911 dan Mits T653 ini adalah era pengganti bis ber-overhang depan panjang seperti Ford type D, Hino BT dan Leyland yg banyak digemari di akhir tahun 60 an- awal tahun 70 an.
Secara dratis Flores mengalami perkembangan. Trayek andalannya adalah Surabaya – Solo (mayoritas) dan sebagian kecil Surabaya – Ponorogo.
PO Flores memiliki ciri warna hijau waktu itu. PO memiliki image di maysarakat sebagai bis banter dan cenderung ugal-ugalan.
Beberapa kecelakaan fatal pernah dialami PO ini namun tidak mempengaruhi perilaku rata-rata sopir Flores yg tetap suka ngeblong dan membuat kendaraan yg disalip atau yg dari arah berlawanan jadi jantungan.
Sungguhpun begitu sebenarnya PO Flores tidak semuanya ngeblong karena sampai menjelang tahun 80 an Flores masih tua berchassis Ford serie D. Selain itu ada juga yg berchassis Hino BX EH 100 yg agak lemot.
Ketika Hino mengeluarkan BX serie EH 700 Flores sempat mengoperasikan bis bumel yg mewah. Kalo tidak salah ada 4 unit. Bis ini bumel tapi seat 2 – 2 dan jalannya nge-joss.Pada saat itu Mitsubishi juga sudah mulai mengeluarkan type baru penyempurnaan type T653 yaitu Mitsubishi FM.
Yang unik, Hino ganti mengeluarkan bis overhang pendek (sekarang ini seukuran OF 8000). Type itu sekarang mungkin yg dikembangkan jadi type Hino FB. Flores-pun punya banyak sekali armada jenis ini.
Memasuki tahun 80 an Mitsubishi dengan cemerlang mengeluarkan chassis pertamanya yg ber-overhang depan panjang yaitu Mits BM. Flores pun meremajakan armadanya dengan bis type ini disamping tetap menambah dengan Hino BX dan beberapa MB OF.
Di saat mulai memakai Mits BM inilah tragedi besar terjadi. Kecelakaan bis Flores tertabrak kereta api membuat Flores berhenti operasi.
Waktu itu Flores Mits BM berbody Morodadi (Tan A King) yg dikemudikan oleh Marwan yg sedang membawa rombongan anak sekolah SMP dari Jombang tertabrak kereta api di daerah Solo.
Masyarakat marah dan memprotes keras kepada PO Flores dengan cara mencegat dan merusak PO Flores, sehingga akhirnya PO in terpaksa harus menyetop operasi.
Beberapa bulan kemudian Flores muncul dengan nama baru. Yaitu Eka untuk armada yang berchassis Mits, Mira untuk armada yg berchassis Hino dan Victory untuk yg berchassis MB.
Akhirnya, Victory tidak jadi dipakai dan berganti dengan Ita untuk melayani trayek surabaya – ponorogo. Sementara Eka dan Mira untuk Surabaya – Solo.
Sejak itu warna Hijau ditinggalkan dan berganti jadi putih krem dan cokat. Sudangkan untuk Mira ditambah garis biru tua.
Memasuki era 85 an pembagian Eka dan Mira berdasarkan chassis sudah tidak diberlakukan lagi. Sebagian armada Mira Hino lama diganti Mitsubishi BM dan bahkan PO ini meluncurkan gebrakan dengan munculnya bis ATB pertama dengan nama Surya Agung berchassis Mits BM ber AC gantung untuk jurusan Surabaya – Ponorogo. Beberapa tahun kemudian disusul dengan armada Hino RK kompor ATB dan Nissan CB berbendera Eka untuk Surabaya – Solo – Yogya disusul juga Mira berbasis Hino AK untuk surabaya Solo.
Memang setelah sukses kembali dengan nama-nama baru, Eka dan Mira sempat jatuh ke pelukan Nissan tepat pada saat bossnya memutuskan untuk menjadi dealer Nissan untuk daerah Mojokerto dan sekitarnya. Ketika itu Eka sedang mengawali merinstis Patas Surabaya – Yogya dengan Hino AK AC gantung body New Armada bersaing dengan Patas Hino AK New Armadanya Sumber Kencono. Alhasil Ekapun secara bertahap mengganti armada Patas Hinonya dengan Nissan RB dan armada bumelnya dengan Nissan CB.
Sumber Kencono tidal mau ketinggalan dengan Mits RM nya.
Tapi tampaknya persaingan kelas Patas dimenangkan oleh Eka hingga akhirnya SK mundur teratur dari kelas ini dan tinggal fokus ke bumel.
Cukup lama Eka / Mira bermesraan dengan Nissan hingga entah mengapa akhirnya belakangan ini berpaling lagi ke Hino.
Sekarang ini Mira hanya dikonsentrasikan ke bumel sedangkan Eka dikonsentrasikan ke Patas, adapun Ita yg untuk trayek pendek sudah tidak dioperasikan lagi.
Perjalan panjang Flores yg ber-metamorfosa ke Eka / Mira patut diacungi jempol. Sebuah upaya mempertahankan bisnis yg penuh dinamika dan tantangan.
Hasilnya Eka dan Mira tetap menjadi PO yg bisa dibanggakan masyarakat Jatim

www.foto2-bis.blogspot.com

Tentang Bis Mania ComuniTy (BMC)



TENTANG KAMI

BisMania Community adalah Komunitas Penggemar Bis Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di Pulau Jawa. Kami ini adalah masyarakat yang menjadikan bis tidak hanya sekedar alat transportasi tetapi juga aneka kreasi dan hobby. Segala hal yang berhubungan dengan bis kami akomodasi dalam komunitas ini mulai dari Bis Antar kota, Bis Kota, Bis Pariwisata, Minibus hingga teknologi dunia per-bis-an termasuk juga segala hal yang menyangkut dunia per-bis-an.
BisMania Community memiliki anggota yang beragam dari berbagai usia dan berbagai kalangan namun dalam satu kesatuan hati – Penggemar Bis Indonesia.
BisMania Community tidak hanya sebagai sarana pemersatu Penggemar bis di Indonesia tetapi juga berharap dapat berperan memberikan sumbangsih dan peduli untuk memajukan bangsa khususnya di prasarana transportasi sebagai penghubung antar daerah di Indonesia.
Selain itu BisMania Community berharap dapat  menunjang berbagai aktivitas bisnis dunia otomotif Indonesia, menjadi nilai tambah yang bermafaat bagi pengusaha, konsumen, ataupun industri lain yang berhubungan dengan dunia transportasi bis. .

VISI DAN MISI

Visi
Yang awam jadi tahu, yang paham jadi lebih tahu dan yang pinter harus cari tahu yang baru tentang bis
Misi dari Bismania Community (BMC) itu sendiri adalah :
  1. Menghimpun, menyatukan dan mengakomodasi para penggemar bus di seluruh Indonesia dalam satu lingkup komunitas melalui berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan dunia perbisan
  1. Menjalin kerjasama yang erat dan saling menguntungkan diantara sesama anggota BMC maupun dengan pihak diluar BMC seperti operator PO, Dinas Perhubungan, DLLAJ dan instansi-instansi terkait
  2. Saling berbagi ilmu dan pengalaman di bidang otomotif khususnya tentang dunia perbus-an diantara anggota BMC
  3. BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC
  4. Sebagai symbol dari konsumen bus dan menjadi mediator antara konsumen dengan operator PO, demi meningkatkan pelayanan sehingga dapat memberikan dan mengajak kepada masyarakat untuk menjadikan bus sebagai pilihan transportasi yang layak digunakan
  5. Menjalin kerjasama yang baik dengan komunitas lain diluar Bismania Community


SEJARAH SINGKAT BISMANIA COMMUNITY

Berawal dari penuturan di sebuah blog, http://www.anjarpriandoyo.wordpress.com/ dimana penulis menceritakan tentang complain dalam perjalanannya menggunakan bus. Thread tersebut ternyata mengundang banyak pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi mulai dari kualitas karoseri bus, pelayanan suatu perusahaan otobus bahkan sampai bedah mesin. Termasuk di dalamnya Gentur, memiliki gagasan bahwa ternyata yang memiliki kecintaan dan interest terhadap bus tidaklah sedikit, membuatnya berfikir kenapa tidak diorganisir saja rekan-rekan tersebut dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas. Sehingga bisa memaksimalkan ide, gagasan atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu ‘nebeng’ dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus semakin banyak.
Disusul oleh rekan-rekan yang lain, diadakanlah beberapa kali kopi darat. Hingga akhirnya memutuskan untuk membuat suatu komunitas bis dengan mailing list bertitle bismania@yahoogroups.com sebagai sarana bertukar informasi, yang juga merupakan tanda resmi berdirinya Bismania Community, yaitu pada tanggal 3 April 2007. Bismania Community belum memiliki struktur organisasi yang jelas. Secara aklamasi, ditunjuklah Gentur sebagai Ketua pada waktu itu.
Dengan keberadaan member yang semakin bertambah banyak, bahkan tersebar di berbagai daerah hingga pada masanya Bismania Community mengadakan Jambore Nasional I (Pertama) pada 1 Juli 2007 bertempat di Pool PO. Nusantara Kudus.
Logo Bismania Community Lama
Logo Bismania Community Lama
Timbulnya PT Bismania Indonesia menjadi awal kekacauan komunitas. Berjalan beberapa bulan, beberapa founder komunitas ini kemudian mendirikan satu badan usaha dengan nama PT Bismania Indonesia (PT BMI), bergerak di bidang event organizer (missal jika ada pameran), advertisement dan agency bus, dan juga Majalah Bus “Bus Magazine” serta mendirikan website http://www.bismania.com/ sebagai sarana penyebaran informasinya (profit oriented), sementara tujuan dibentuknya Bismania Community di awal adalah murni komunitas yang independen dan non profit oriented..
Pendirian badan usaha dengan bentuk PT (Perseroan Terbatas) dengan nama yang sama dengan komunitas yakni “Bismania” disertai tanpa adanya sosialisasi dan transparansi yang memadai kepada member komunitas inilah yang menjadi awal terjadi kekacauan di komunitas ini.  Beberapa rekan di bismania memberi stempel sah pada PT BMI ini, sebagian lagi berpendapat bisnis pribadi sebaiknya dilakukan di luar koridor komunitas,  penggunaan nama yang sama juga diperdebatkan karena bisa menimbulkan konflik of interest atau benturan kepentingan di masa mendatang yang akan menyulitkan kedua belah pihak.
Pro kontra mengenai masalah ini menimbulkan perpecahan di masa lalu, milist bismania yang seharusnya menjadi ajang informasi, menjadi ajang adu domba, fitnah, bertengkar yang luar biasa yang mengarah pada terjadinya konflik.  Milist yang nyaman berubah menjadi tidak nyaman dan dibiarkan oleh sang moderator menjadi tidak terkendali, pada saat inilah ajakan untuk berpindah ke website sebagai sarana informasi bismania di mulai, tentunya dengan harapan menaikkan rating website tersebut agar semakin banyak dilirik.
Konflik yang terjadi semakin meruncing hingga akhirnya, timbulah perpecahan. Sesuatu yang harusnya tidak akan terjadi jika konflik yang ada dikelola secara baik, apresiasi sebagian pengurus PT yang sebagian masih muda yang masih mengedepankan emosional dan ego dalam penyelesaian konflik semakin membuat runyam. Kebodohan dalam menyikapi dan membaca peluang ditambah sentimental negatif kepada anggota komunitas yang kontra dengan keberadaan BMI ini akhirnya memuncak, pecahlah bismania, Bismania sebagai komunitas dalam bentuk Bismania Community (BMC) dengan mailing list bismania@yahoogroups.com dan PT Bismania Indonesia (BMI) dengan senjata website http://www.bismania.com/
Sampai suatu saat terjadi konsolidasi antara Bismania Community dengan BMI, dengan notulen rapat yang menghasilkan kesepakatan bahwa founder-founder tersebut menyerahkan Bismania Community untuk dikelola dengan baik oleh rekan-rekan yang lain, sementara mereka akan tetap konsen dengan bendera PT. Bismania Indonesia dan Bus Magazine sebagai iconnya waktu itu, yang pada akhirnya membentuk komunitas penggemar bis baru disamping bismania community.
Bismania Community terpecah menjadi 3 kubu :
  1. http://www.bismania.org/ Bismania Community (BMC) – memakai logo bismania baru
  2. http://www.bismania.com/ Bismania Forum (Forbiscom) – memakai logo Bismania yang lama
  3. http://www.portalbus.info/ terdiri dari : JakBus (Jakarta Bus Society), Bandung Bisser Community (BBC), Malang Bus Lovers (MBL), Bali Bus Maniac (BBM), TMBC (Tasik Malaya Bisser Community), KBC (Kudus Buslovers Community) dan masih banyak lagi.
Bismania Community dengan  musyawarah dan mufakat, akhirnya resmi dibentuk suatu kepengurusan secara organisasi berikut strukturnya pada tanggal 8 Maret 2008 dengan mengusung AD dan ART sebagai dasar-dasar aturan pergerakannya. Member hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 1.000 orang yang tersebar di seluruh penjuru nusantara bahkan sampai ke luar negeri ter-wakili dalam bentuk korwil (koordinator wilayah) yaitu Jabodetabek, Jateng I, DIY, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Bali, Papua bahkan ada di Singapore. Semuanya terdiri dari anggota aktif maupun pasif yang berdasarkan kategori pekerjaan/status beragam mulai dari pelajar sampai pengusaha sekalipun. Selain mailing list bismania@yahoogroups.com sebagai sarana komunikasinya, Bismania Community juga mempunyai website resmi di http://www.bismania.org/ (bukan http://www.bismania.com/ ).
Logo Bismania Community Baru
Logo Bismania Community Baru


From : BMCT ( Bis Mania Comunity Tangerang ) www.foto2-bis.blogspot.com